[17's] SEVENTEEN and Throwback
Waktu itu,
Near masih suka banget sama Super Junior ―sekitar mungkin 2010-2012an,
masalahnya Near gak begitu ingat― Near sempat dengar ada rumor yang bilang
bakalan debut sebuah grup bernama ‘Seventeen’ yang beranggotakan tujuh belas
orang yang rata-rata usianya tujuh belas.
“Wah
ngalahin Suju, dong.” Near sempat berpikir begitu.
Sampai
sekarang, Near masih ingat betul rumor itu hingga 2015 datang dan terdengarlah
nama SEVENTEEN di pertengahan tahun.
“Nah, ini
dia grupnya!” Near sempat berpikir begitu.
“Eh, tapi,
kok, cuma tiga belas orang, ya?”.
![]() |
| Ini foto header, maaf ya... |
Sudah
dengar mereka debut, Near kemudian mendengar lagu debut mereka, ‘Adore U’, di
sebuah radio. Bahkan Near juga melihat MV nya di teve.
“Lagunya
oke juga.” Near sempat berpikir begitu.
Di tahun
2015, Near banyak mendengar idol Kpop baru. Near saat itu tertarik banget sama
‘Congratulation’-nya Day6, dan belum tertarik banget sama SEVENTEEN.
Buka-buka
sosmed, Near sempat melihat salah satu sosok yang berbeda di antara member
SEVENTEEN, yaitu Junghan. Waktu itu Near belum tau namanya siapa.
“Wah,
cantik banget, ya! Jadi iri, padahal cowok...” Near sempat berpikir begitu pas
melihat Junghan untuk pertama kalinya, “Mirip Ren, cantik-cantik gitu! Mana
seagensi pula!” bahkan Near juga menyetujui pendapat Onnie.
Ke-flowerboy-annya Junghan waktu itu viral banget di sosmed. Jadi member
SEVENTEEN yang paling Near dan Onnie hafal itu Junghan ―meski belum tau namanya
siapa.
SEVENTEEN
pun comeback dengan ‘Mansae’. Near
waktu itu mendengar dan melihat MV-nya di teve. Di saat itu, Near langsung suka
banget sama MV tersebut.
“Seru, ya.
Pada mainan permainan tradisional, mengenang masa kecil!” Near sempat berpikir
begitu. “Itu ―yang bagian liriknya ‘maeil
neol kkum kkwuji, woah’― siapa, ya? Keren juga.”.
Nah, dari
situ Near tertarik sama SEVENTEEN.
Near juga
sempat melihat sosok yang berbeda lagi dari SEVENTEEN. Mukanya bule-bule barat
gitu, dan Onnie bilang kalau namanya Vernon.
“Wiih.”.
Hari itu,
Near menyimpan video dance practice-nya
Monsta X dan SEVENTEEN. Near lantas tertarik banget sama dance practice ‘Adore U’-nya SEVENTEEN, karena seru abis!!
Melihat
mereka dance tapi sambil main-main,
apalagi ada semacam permainan tradisional di dalam dance-nya. Kalau kata adeknya Near, sih, namanya wak wakgung. Hehehe.
Apalagi
Near juga suka banget sama MV ‘Mansae’ yang anak muda banget dan sekaligus
melestarikan permainan tradisional yang mungkin sudah dilupakan sama anak-anak
zaman sekarang.
Suatu
hari, Near coba cari biodatanya SEVENTEEN. Memang hanya sekadar lihat-lihat
saja, sih. Dan di situ Near takjub.
“Wih,
banyak yang seumuran ―sama Near.”.
Belum
hafal namanya, mata Near pun gak bisa lepas dari sosok kontras di SEVENTEEN. Si
kecil berambut pink, Woozi.
Near
sempat mencari-cari sosok yang punya bagian ‘maeil
neol kkum kkwuji, woah’ di ‘Mansae’. Dan ternyata itu Wonwoo.
Aha!
Makin ke
sini, Near makin ngikutin SEVENTEEN. Memang feel-nya
beda sama BTS, Near cukup suka saja sama mereka bertujuh. Tapi untuk SEVENTEEN,
Near cukup ikutin ―meski gak segetol VIXX.
***
Salah Paham
Gak hanya
sekali Near salah paham alias kebolak-balik nama dan wajah member di SEVENTEEN.
Near sudah tiga kali salah paham.
Waktu itu,
Near kira Woozi itu Hoshi. Karena baru liat-liat biodatanya saja, jadi Near
belum hafal sama nama mereka masing-masing. Near baru sadar pas lihat MV ‘Adore
U’ dan melihat bagiannya Hoshi lalu buka biodata SEVENTEEN lagi.
![]() |
| Hoshi dan Woozi yang bikin Near salah paham... -_- |
Near juga
sempat mengira Wonwoo itu The8 karena belum hafal wajahnya Wonwoo dan The8.
Near pikir yang Near cari itu The8, namun setelah diselidiki lagi, ternyata itu
Wonwoo.
![]() |
| Sempet salah paham juga.. Hadeuh.. |
Sebagai
member terakhir yang Near hafal, Near juga sempat mengira Dino itu Joshua dan
Joshua itu Dino. Oalah... Ternyata kebalik! Hahaha. Near sadar pas melihat
member yang kebagian ‘neol gatgo nolji
jom mallae’ di ‘Adore U’ berulangkali.
![]() |
| Mungkin karena sama-sama imut, jadi salah paham kali, ya? Hahahaha.. |
“Kok, gak
mirip Hyuk, ya? Lah, ini Dino, tho?!” Near sempat berkata begitu. Karena bagi
Near, di beberapa angle Joshua itu
mirip VIXX Hyuk.
Aduh, jadi
malu, deh. Untung salah pahamnya gak berkepanjangan, ya? Hahahaha.
Untung,
deh, untung.
***
Throwback
Near suka
sama SEVENTEEN sekarang. Suatu hari, Near iseng-iseng menyimpan beberapa video
mereka, salah satunya ketika mereka tampil membawakan ‘Sorry, Sorry’-nya SuJu
yang sudah di-remix.
Itu DAE to the BAK, keren!!
Near jadi
ingat masa-masa Near dan Onnie suka banget sama Super Junior, dan sekarang
tinggal Onnie aja yang suka SuJu di rumah. Apalagi jumlah mereka sama
banyaknya.
“Jangan
bilang, musiknya kerjaan Woozi, dan koreonya kerjaan Hoshi...” Near sempat
berpikir begitu.
Terima
kasih banget buat SEVENTEEN yang membuat Near kembali ke masa lalu lagi. Semoga
kalian bisa melejit, ya!
***
No fandom, always
Near
senang banget bisa kenal Super Junior, SHINee, Boyfriend, EXO, B.A.P, VIXX,
BTS, The Ark dan bahkan SEVENTEEN sekarang. Meski memang no fandom itu pastilah mengundang pro dan kontra, Near tetap berpegang teguh pada itu.
Gak mau
punya fandom, Near hanya ingin berada
di posisi yang Near senangi, menyukai siapapun tanpa ragu dan takut. Bebas
menyupport siapapun.
Sekarang,
meski tidak sepenuh-penuhnya, Near akan menyupport SEVENTEEN juga semampu dan
sebisa Near. Bagi Near, idola adalah inspirasi, tempatmu menghibur dirimu dari
segala masalah.
Semua
orang pasti punya idola, dan bisa jadi gak hanya satu. Semua orang pasti punya
musiknya masing-masing, termasuk Near. Dan Near akan menghormatinya, karena
Near ingin merasa nyaman juga tanpa perlu ada hujatan maupun fanwar.
SEVENTEEN
cuma satu dari sekian banyak 2015 Kpop
rookie idols. Dari setiap K-Idols, Near
memang gak ngikutin dari awal, semuanya dari pertengahan atau hampir dari
debut. Near harap apa yang jadi keputusan Near ini gak akan mengganggu orang
lain.
Say the
name! SEVENTEEN!
***










